Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)








Tanpa teknologi informasi dan komunikasi dunia terasa hampa. Ungkapan ini menyatakan bahwa teknologi informasi dan komunikasi sangat dibutuhkan oleh manusia yang merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri sehingga bisa berhubungan satu sama lain, bisa saling melengkapi, dan bisa saling berbagai di saat suka maupun duka.
Teknologi informasi dan komunikasi merupakan hal yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Kita bisa lihat dahulu disaat teknologi belum berkembang, kita tidak bisa berkomunikasi setiap saat dengan orang yang jauh dari kita, tetapi sekarang dengan pesatnya teknologi kita bisa berkomunikasi dengan keluarga yang jauh, dengan siapapun juga dan dimanapun juga. Kita bisa saling berbagai informasi dengan cepat dan tepat sehingga tidak akan terlalu banyak membutuhkan waktu hanya untuk menyebarkan informasi.
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan salah satu ilmu yang diberikan kepada siswa dan siswi SMP dan SMA begitu pula mahasiswa di perguruan tinggi yang mengambil jurusan yang berhubungan dengan teknologi. Entah itu Tekhnik Informatika, Manajemen Informatika, Teknik Mesin dan sebaginya.
Teknologi adalah kemampuan Teknik yang berlandaskan pengetahuan ilmu aksakta yang berlandaskan proses Teknis, ilmu Teknik.
Informasi adalah penerangan, keterangan,; pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu; keseluruhan makna yang menunjang amanat yang terlihat didalam bagian-bagian amanat itu.
Komunikasi adalah sebuah aktifitas yang dilakukan manusia untuk berhubungan dengan orang lain.
Mempelajari TIK sangat bermanfaat karena kita bisa mengetahui teknologi informasi dan komunikasi yang terbaru. Kita tidak akan ketinggalan jaman dan kita bisa terus bersaing dengan orang luar negeri yang pada kenyataanya teknologi mereka sudah jauh lebih maju dari pada teknologi kita. Oleh karena itu kita harus bisa menyesuaikan diri dengan kemajuan jaman dan kemajuan teknologi sehingga kita tidak akan menjadi manusia yang tidak bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang pesat ini.
TIK dipelajari mulai dari SMP, SMA dan Universitas. Di SMP dan SMA kita mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan teknologi misalnya; radio, TV, HP, dan lain sebaginya. Sehingga kita dapat mengetahui, memahami dan memanfaatkan alat-alat tersebut sesuai dengan kebutuhan kita.
Khususnya kita sebagai pelajar harus dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan. Dengan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pendidikan bisa dengan mudah kita pelajari, kita dapatkan dan kita pahami bahkan kita bisa mengamalkannya dengan mudah.
TIK merupakan salah satu ilmu yang sangat penting untuk diketahui, dipahami, dan diamalkan karena TIK merupakan salah satu ilmu yang mengungkap bagaimana perkembangan teknologi di dunia? Bagaimana informasi bisa tersampaikan dengan cepat dan tepat? Dan bagaimana komunikasi bisa terjalin dengan baik? Sehingga segala sesuatu bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.
Dengan mempelajari TIK kita bisa berkomunikasi dengan orang lain, dengan orang yang dekat dari kita, dan dengan orang yang jauh dari kita sekalipun. Contohnya dengan kemajuan teknologi kita bisa memanfaatkan telepon untuk berkomunikasi jarak jauh, telegraf untuk mengirim surat, surat elektronik (email), dan sebagainya. Itu menunjukkan bahwa TIK merupakan ilmu yang sangat bermanfaat bagi kita semua.
Semua orang membutuhkan Teknologi Informasi dan Komunikasi, tidak hanya siswa, siswi, mahasiswa, ataupun guru dan dosen tetapi semua orang yang hidup di dunia ini pasti membutuhkan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dengan kemajuan dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi hampir semua aspek kehidupanpun manusia menjadi lebih mudah, orang-orang bisa saling berkomunikasi, bertukar pikiran, berdiskusi dan lain sebagainya, dimanapun dan kapanpun dia inginkan.
Kita harus menyadari bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna, Begitupun dengan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Ada dua segi yang harus kita lihat, yang pertama segi positif dan yang kedua segi negatif.
Dari segi positif kita sangat diuntungkan dengan kemajuan teknologi ini hampir semua pekerjaan manusia bisa diselesaikan dengan cepat dan lebih memudahkan dibandingkan dengan sebelum maju dan berkembangnya teknologi. Sedangkan dari segi negatif dengan majunya TIK banyak orang menjadi malas bekerja karena berpikir semua pekerjaan bisa menggunakan mesin, komputer, dan alat-alat lainnya, dan banyak kemajuan TIK disalahgunakan hanya untuk kepentingan pribadi atau golongan sehingga masyarakat menjadi korban.
Oleh karena itu kemajuan TIK harus di gunakan dengan baik sehingga bisa bermanfaat bagi umat manusia di dunia, dan bisa memakmurkan kehidupan masyarakat.
Share :