Manfaat E-Learning dalam Pembelajaran







Pengetahuan dan pembelajaran merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Pengetahuan yang didapat oleh seseorang takkan pernah ada bila tanpa melalui proses pembelajaran. Sedangkan hakekat daripada pembelajaran itu sendiri adalah untuk memperoleh pengetahuan. Untuk memperoleh pengetahuan tersebut kita dapat mengikuti perkuliahan, pelatihan, atau dapat juga untuk membaca buku. Dapat dibayangkan bila perkuliahan tersebut dapat digantikan dengan menggunakan bantuan teknologi informasi yang kini berkembang sedemikian pesatnya dan telah merambah berbagai aspek kehidupan manusia. Bayangkan pula berapa waktu dan biaya yang dapat dihemat bila proses perkuliahan tersebut dapat dilakukan tanpa batasan tempat dan waktu. Dalam proses perkembangan teknologi informasi bentuk pelatihan dan pembelajaran demikian dikenal dengan istilah e-Learning.

E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi computer dan internet. E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui computer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti perkuliahan di kelas. E-Learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet. Sebenarnya materi e-learning tidak harus di distribusikan secara on-line tetapi bisa di distribusi secara off-line menggunakan media CD/DVD juga termasuk pola e-Learning.
Menurut Bapak Nurgaha, penyajian e-learning berbasis web ini bisa menjadi lebih interaktif. Informasi-informasi pembelajaran juga bisa realtime. Begitu pula dengan komunikasinya, meskipun tidak secara langsung tatap muka, tapi forum diskusi pembelajaran bisa dilakukan secara online dan real time. Sistem e-learning ini tidak memiliki batasan akses, inilah yang memungkinkan pembelajaran bisa dilakukan lebih banyak waktu.
Proses e-learning sangat banyak manfaatnya, diantaranya adalah pembelajaran dapat dilakukan dari mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja sehingga waktu untuk melaksanakan proses pembelajaran akan semakin mudah dan sangat efisien. Ini memungkinkan kita bisa ikut berbagai kegiatan yang ada di kampus atau di luar kampus. E-learning juga bisa menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas karena sistem ini tidak bergantung kepada tempat sehingga semua orang bisa mengikutinya dengan baik. Selain itu dapat memudahkan dan memperbanyak interaksi antara dosen dengan mahasiswa ataupun sebaliknya. Dan juga memudahkan untuk saling berbagi informasi sesama mahasiswa sehingga materi yang di serap akan semakin banyak.
Akan tetapi dari semua kemudahan sistem e-learning ini mempunyai kelemahan-kelemahan diantaranya yang ingin menggunakan sistem ini harus bisa menggunakan computer, karena sistem ini berbasis elektronik khususnya computer selain itu untuk yang sistem on-line harus ada jaringan internet karena tanpa adanya jaringan internet tidak akan adanya koneksi dan sistem tidak akan berjalan.
Oleh karena itu, secara keseluruhan e-learning sangat bermanfaat bagi kita khususnya sebagai mahasiswa yang ingin terus belajar tanpa batasan waktu dan tempat, hal ini sesuai dengan salah satu asas pendidikan yang menyatakan pendidkan dilakukan seumur hidup, kapanpun, diamanapun, dan oleh siapapun.
Share :